EnvironmentArsip CSR

Efisiensi Energi

MANUFACTURING
Sebagai bagian dari inisiatif global untuk mengambil tindakan terhadap perubahan iklim, kami menerapkan praktik hemat energi dan mengukur emisi karbon di semua pabrik kami. Secara teratur, kami bekerjasama dengan para ahli dan The Coca-Cola Company untuk mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat menjadikan bisnis kami semakin ramah lingkungan.

1. Teknologi Blowfill
CCAI telah membuat kemajuan besar dengan investasi Coca-Cola Amatil (CCA) Group sebesar $450.000.000 untuk teknologi blow-fill – standar terdepan di dunia untuk botol minuman plastik ringan. Teknologi blow-fill diimplementasikan di fasilitas produksi CCA Group di Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini sepanjang 2010-2015. Melalui proyek kapital terbesar di CCA Group ini, kami dapat merancang dan memproduksi sendiri botol minuman plastik. Dengan demikian, kami mengurangi penggunaan air, penggunaan energi serta pengiriman botol kosong melalui jalan darat. Investasi blow-fill memberikan rata-rata pengurangan 22% jejak karbon untuk setiap kemasan minuman.
 

2. Konversi Energi
Proyek sustainability utama lainnya yang telah dijalankan sejak tahun 2008 adalah konversi boiler, pembangkit listrik, dan energi forklift dari solar menjadi gas alam dan compressed natural gas (CNG). Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan gas alam dalam jangka panjang juga menghasilkan penghematan yang signifikan.

Gas alam memiliki reputasi keamanan yang patut ditiru dan dikenal sebagai bahan bakar fosil paling bersih, sehingga tidak meninggalkan debu, abu, bau, dan tumpahan minyak yang tidak menyenangkan atau pencemaran. Oleh karena itu, kami mengubah penggunaan energi di sebagian besar tanaman kami:

  • Pabrik Surabaya: gas alam dan CNG
  • Pabrik Cibitung: gas alam
  • Pabrik Medan: gas alam
  • Pabrik Bandung: CNG
  • Pabrik Semarang: CNG

MARKET: Kulkas Hemat Energi
Dalam aspek energi, kami juga memfokuskan bagaimana kami dapat membantu pelanggan kami untuk bertransisi menuju ekonomi rendah karbon. Kami bekerja sama dengan pemasok peralatan pendingin kami untuk meningkatkan efisiensi energi dari peralatan pendingin yang kami tempatkan di lokasi pelanggan. Kami secara khusus merancang kulkas medium 1-pintu kami untuk mengurangi penggunaan energi hingga setengah dari yang diperlukan oleh versi sebelumnya, dari 4 kWh hingga 2 kWh saja. Kulkas yang efisien tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga menghasilkan penghematan yang signifikan untuk biaya operasional para penjual.