Kabar Corporate


03 September 2012 Lewat Coke Kicks, 4200 Anak Dapat Kesempatan Untuk Menjadi Jagoan Bola


Karang Tengah-Jakarta, 2 September 2012—Sepakbola adalah permainan yang sangat digemari masyarakat Indonesia, terutama anak-anak. Indonesia bahkan dinyatakan sebagai negara dengan basis penggemar sepakbola terbesar ketiga di dunia. Karena itulah, perusahaan minuman ringan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) kembali memberikan kontribusinya guna menumbuhkan harapan dan mimpi bagi generasi muda pecinta sepakbola di Indonesia.

Setelah Cibitung, Bandung, Pasuruan, Surabaya, Bawen, Magelang, Semarang, Solo, Medan, Banda Aceh, Riau, Lampung, Balikpapan, Padang, Palembang, dan Bali, CCAI kembali menyelenggarakan COKE KICKS ― Grass Root Soccer Development Program, yaitupelatihan untuk mengasah keterampilan bermain sepak bola kepada anak-anak Indonesia berusia 12-17 tahun. Hari ini, Coke Kicks diadakan di Lapangan Sepak Bola Lantamal Karang Tengah, Jakarta Selatan. Sejumlah 200 anak didampingi 10 pelatih dari 10 komunitas penggiat sepak bola diundang untuk mendapatkan satu hari pelatihan sepak bola di bawah bimbingan pelatih profesional dan berpengalaman.

 
Coke Kicks adalah salah satu program CSR Coca-Cola Amatil Indonesia yang didesain untuk menjadi wadah pelatihan sepakbola (coaching clinic) sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat. Program tahunan ini dilaksanakan secara nasional di lebih dari 20 provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Tahun lalu, Coke Kicks telah melibatkan sekitar 2100 anak-anak usia 12-16 tahun. Tahun ini, Coke Kicks melibatkan 4200 anak dan 280 pelatih dari 140 desa yang tersebar di seluruh Nusantara.
 
Iskandar Zulkarnaen, Corporate Affairs West Java Region Manager menambahkan, “Sebagai perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan minuman yang digemari generasi muda, Coke Kicks diwujudkan sebagai komitmen kepedulian CCAI untuk menggali dan mengembangkan bakat serta potensi generasi muda bangsa dalam dunia sepakbola, dengan harapan mereka bisa menjadi bibit unggul di tingkat nasional, bahkan dunia, dan dapat mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.”
 
Dalam pelaksanaannya, CCAI bekerja sama dengan Asian Soccer Academy (ASA) dan KELME yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun dalam melakukan pembinaan sepakbola. Semua peserta akan dilatih langsung oleh pelatih bersertifikat dari ASA, serta mendapatkan lima paket perangkat sepak bola dari CCAI termasuk seragam bermerek KELME. Selain memberikan pelatihan sepakbola bagi anak-anak, kegiatan ini juga berupaya menambah wawasan dan pengetahuan para pelatih lokal.
 
“Kami juga mengadakan sesi “coaching clinic” untuk para pelatih di setiap desa, untuk membekali mereka dengan dasar-dasar permainan sepakbola, dan bagaimana cara melatih yang baik. Nantinya mereka akan mendapatkan sertifikat dari CCAI-Yayasan ASA,” ujar Lee Hawkins, Manajer Yayasan ASA. “Coke Kicks adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk membantu para pelatih-pelatih lokal, karena mereka memegang peran penting dalam mewujudkan pesepakbolaan nasional yang lebih berkualitas di masa mendatang.”
 
Setelah Jakarta, Coke Kicks 2012 masih akan terus berlangsung di Makassar, Lombok, Jayapura, Ambon, dan Sorong.